Cara Kerja Facebook Ads – Pada awal kehadirannya, Facebook merupakan sebuah sosial yang bisa digunakan untuk melakukan pertukaran informasi dan pertemanan secara online. Namun dengan tuntutan para pengguna Facebook yang semakin banyak, fitur-fitur dari Facebook terus mengalami perkembangan sehingga tidak hanya sebagai jejaring sosial media saja. Kini Facebook bisa menghasilkan uang dengan marketplace-nya, serta bisa mempromosikan produk kamu melalui Facebook Ads.
Facebook Ads ini untuk membuat jangkauan promosi produk kita menjadi lebih luas. Dengan Facebook Ads, kita bisa mengatur waktu tayangan iklan promosi sesuai dengan keinginan sendiri. Tentu hal ini lebih mudah dalam membantu brand atau layanan kita untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Bagi kamu yang ingin mencoba mempromosikan produk nya di Facebook Ads, kalian harus mengenal terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari Facebook Ads itu sendiri. Dalam artikel ini kami akan membahas lebih lanjut tentang cara kerja dari Facebook Ads. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Pengertian Facebook Ads
Facebook Ads merupakan sebuah media advertising yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens-nya. Penempatan iklan Facebook Ads akan tersebar di beberapa tempat, seperti beranda Facebook, story Facebook, marketplace, dan lain-lain.
Terdapat beberapa jenis iklan online yang telah disediakan oleh Facebook Ads sebagai media advertising. Jika dilihat dari formatnya bisa berupa iklan gambar atau iklan video. Facebook ads juga menyediakan beberapa kategori iklan yang bisa dilihat dari tujuan campaignnya, seperti awareness, traffic, interaction, penjualan, dan sebagainya.
Banyak pebisnis memanfaatkan Facebook Ads untuk mempromosikan produknya karena jumlah pengguna aktif Facebook hingga saat ini telah mencapai 2 miliar pengguna.
Cara Kerja Facebook Ads
Pada saat kamu akan beriklan di Facebook Ads, pertama-tama yang harus dilakukan yaitu kamu wajib memiliki Fanpage terlebih dahulu. Fanpage contohnya untuk bisnis, komunitas, hobi, dan sebagainya.
Setelah memiliki Fanpage, maka kamu bisa langsung melakukan iklan di Facebook Ads. Untuk akun pribadi, kamu tidak bisa mengiklankan apa saja yang kamu posting. Maka, meskipun kamu memiliki usaha kecil-kecilan, usahakan tetap untuk memiliki Fanpage Facebook untuk mengiklankannya.
Dalam iklan Fanpage ini punya tujuan masing-masing, tergantung tujuannya. Sebagai contoh, ada iklan produk untuk brand awareness saja, ada yang ingin orang mengikuti dan memberikan interaksinya terhadap iklan tersebut, ada juga yang ingin terjadi transaksi dari iklan yang diposting.
Setelah menentukan tujuan iklan, kamu akan mulai diberikan pilihan target audiens, seperti gender, bahasa, letak geografis, status pernikahan, status pendidikan, hal yang diminati, dan lain-lain.
Selain bisa mengatur tujuan iklan dan target audiensnya, kamu juga bisa mengatur jadwal kapan akan memunculkan iklan tersebut kepada audiens. Berapa hari iklan tersebut akan muncul, dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, dan budget yang akan ditetapkan untuk periode iklan tersebut. Demikianlah rangkuman cara kerja facebook ads.
Metode Pembayaran Facebook Ads
Dalam aturan Facebook Ads yang telah ditetapkan, untuk convertion mereka memiliki beberapa aturan. Biaya iklan bisa dibayar perbulan atau per tahun. Selain itu, metode pembayaran Facebook Ads terdiri dari beberapa yaitu, CPM (Cost per 1000 Mille) di mana kamu akan membayar iklan per 1000 kali impresi penayangan iklan, dan CPC (Cost per Click) di mana kamu akan membayar iklan saat diklik oleh target audiens.
Untuk proses pembayaran Facebook Ads cukup mudah. Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan metode pembayaran, namun yang paling populer yaitu menggunakan kartu kredit dan kartu debit dengan proses yang cepat dan sangat mudah untuk digunakan.
Keuntungan Menggunakan Facebook Ads
Untuk melakukan iklan di Facebook ads, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya:
Menjalankan Campaign Sesuai Kebutuhan
Di Facebook Ads ada 3 kategori besar untuk menentukan tujuan campaign iklan, diantaranya awareness (kesadaran), consideration (pertimbangan), dan conversion (konversi). Masing-masing sub-kategori menampilkan format yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan tujuan iklan berdasarkan format konten yang akan diposting.
Khusus untuk iklan konversi akan sangat tepat jika fokusnya ingin mendapatkan hasil melalui penjualan.
Mampu Menjangkau Audiens Lebih Luas
Facebook Ads juga akan sangat memudahkan kamu untuk menjangkau audiens sesuai target pasar. Jika kita melakukan iklan konvensional, masalah besar yang dihadapi yaitu sulit untuk menyasar audiens sesuai target.
Adanya fitur audiens di Facebook Ads akan sangat membantu untuk menjangkau audiens yang telah kita tetapkan sebelumnya. Fitur ini bisa menyortir audiens sesuai kategori seperti menjangkau berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, hingga minat dari audiens itu sendiri.
Fleksibilitas dalam Mengatur Budget
Ketika kita mencoba untuk beriklan, sudah pasti akan mengukur kemampuan iklan kita sesuai dengan budget yang dimiliki. Dengan Facebook Ads, kita bisa melakukan budgeting sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.
Untuk pengoptimalan campaign agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menghabiskan biaya hanya Rp 15.000 per-hari.
Hasilnya Dapat Dilihat Secara Real-Time
Data memainkan peranan yang sangat penting untuk menentukan strategi yang tepat untuk bisa mengoptimalkan pemasaran. Dengan fitur yang telah disediakan Facebook Ads, tentu akan sangat membantu dalam menganalisis data secara real-time, sehingga kamu pun bisa mengetahui apakah iklan bisa dikatakan sukses atau tidak.
Analisa pengukuran ini menggunakan hasil impression, reach, CTR, conversion rate, dan lain-lain.
Jika kamu sedang mencari digital marketing agency yang terpercaya dan berpengalaman, Dibilabs adalah solusi yang tepat. Kami memiliki tim yang profesional yang telah membantu berbagai bisnis dari berbagai skala untuk mencapai tujuan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi gratis!