Skip links
copywriting

Copywriting: Apa Itu Copywriting dan Teknik Pembuatannya!

Dalam dunia digital marketing, istilah copywriting seringkali kita dengar. Copywriting memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan suatu produk. Dengan copywriting, Anda bisa mempengaruhi keputusan calon pelanggan Anda.

Copywriting merupakan salah satu teknik pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk meyakinkan atau mengajak calon pelanggan untuk melakukan hal tertentu yang Anda inginkan. Contohnya seperti membeli produk, mengunjungi website, mengikuti akun media sosial bisnis Anda, dan lain-lain. 

Karena pentingnya peran copywriting, pastinya Anda perlu mempelajari teknik pembuatan copywriting yang baik agar menarik. Simak artikel ini sampai selesai agar paham definisi dan teknik pembuatan copywriting yang baik!

Apa Itu Copywriting?

Sebelum mempelajari teknik pembuatan copywriting yang baik, sebaiknya kita memahami apa itu copywriting terlebih dahulu.

Tanpa Anda sadari, copywriting ada di sekeliling Anda. Copywriting tidak hanya digunakan untuk pemasaran di dunia maya saja. 

Billboard di sepanjang jalan raya, brosur, iklan di TV dan radio, semuanya menggunakan copywriting untuk menarik perhatian pembacanya. Bahkan, ajakan berdonasi pun membutuhkan copywriting yang baik agar semakin banyak orang yang tergerak untuk melakukan donasi.

Jadi, sebenarnya, apa itu copywriting?

Menurut American Writers & Artists Institute, copywriting adalah proses menulis teks pemasaran yang persuasif untuk memotivasi pembacanya agar melakukan suatu tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian, membuka tautan, melakukan donasi, hingga menghubungi bisnis untuk membuat janji. 

Teks tersebut bisa untuk pemasaran secara online maupun melalui media cetak. Copywriting bisa juga berupa skrip untuk video atau iklan.

Teks tersebut biasa disebut “copy”. Dari situlah istilah copywriting terbentuk.

Untuk mereka yang bekerja di bidang ini disebut copywriter. Copywriter yang handal mengerti target pasar yang dituju. Untuk membuat tulisan yang menarik perhatian audiens, copywriter perlu mengerti keinginan, kebutuhan, dan kesulitan yang dihadapi oleh audiensnya. 

Seorang copywriter dapat membuat copy untuk:

  • Konten media sosial
  • Email pemasaran
  • Iklan
  • Landing page website
  • Billboard
  • SMS pemasaran
  • Konten web
  • Halaman produk
  • Iklan radio
  • Brosur

Teknik Pembuatan Copywriting yang Menarik

Untuk membuat copywriting yang menarik pastinya membutuhkan banyak latihan. Namun, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Pelajari Produk atau Layanan Anda

Tanpa memahami dan mengenal produk atau layanan yang Anda tawarkan, maka Anda tidak akan dapat memasarkannya dengan baik. 

Bagi Anda yang mempromosikan bisnis pribadi, ini adalah hal yang penting untuk diingat. Kecuali jika Anda yang menciptakan barang dagangannya, maka Anda kemungkinan sudah mengenal baik produk atau layanan yang Anda tawarkan tersebut. 

Setelah mempelajari produk yang Anda tawarkan, sebaiknya Anda mencatat apa saja keunggulan dari produk tersebut. Langkah ini penting untuk memudahkan Anda dalam memasarkan produk dan menulis deskripsi produk nantinya.  

Untuk menemukan keunggulan dari produk tersebut, Anda bisa coba menjawab tiga pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang unik dari produk tersebut?
  • Apa saja fiturnya?
  • Apa manfaat yang didapatkan konsumen dari fitur tersebut?

2. Pahami Kebutuhan Audiens

Pada akhirnya, Anda akan memasarkan produk kepada target audience Anda. Jadi, penting sekali untuk mengenal dengan baik audiens Anda. 

Inti dari copywriting adalah menjabarkan keuntungan yang akan didapatkan oleh calon pelanggan jika menggunakan produk atau layanan Anda. 

Tentunya audiens Anda akan lebih tertarik untuk menonton iklan atau membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka. 

Menemukan target audience dari bisnis Anda akan sangat membantu dalam pemasaran terutama pemasaran digital. Anda bisa menargetkan secara spesifik calon pelanggan yang sesuai dengan target audience Anda, sehingga meningkatkan kesempatan produk Anda untuk dibeli.

3. Buat Judul yang Atraktif

Audiens memiliki rentang perhatian yang singkat. Jika judul atau headline Anda saja tidak menarik, maka audiens tidak akan membaca isi dari konten tersebut. 

Artinya, Anda perlu menulis judul yang benar-benar menarik perhatian. Tapi jangan sampai Anda menulis judul yang tidak relevan dengan isi konten hanya untuk mendapatkan perhatian. Hal ini justru akan membuat audiens kesal dan tidak lagi percaya pada konten Anda. 

Kreativitas tinggi dibutuhkan untuk membuat judul yang kuat. Anda bisa mengikuti ketiga tips berikut untuk membuat judul Anda lebih menarik:

  • Jelaskan manfaat yang ditawarkan
  • Buat pembaca ingin segera membeli
  • Cantumkan persentase

4. Buat Pembuka yang Menarik

Judul yang menarik saja belum cukup untuk menjamin audiens akan membaca artikel, konten, atau landing page Anda hingga selesai. 

Untuk itu, Anda perlu mendukung headline yang menarik tersebut dengan lead atau paragraf pembuka yang tidak kalah menarik. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menulis lead yang menarik perhatian pembaca:

  • Tunjukkan empati
  • Mulailah dengan fakta
  • Buat audiens penasaran

5. Tulis Copy yang Berkualitas

Meskipun headline dan lead merupakan bagian penting dalam teknik copywriting, jangan sampai melupakan bagian inti dari tulisan. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menulis copy yang berkualitas, yaitu:

  • Gunakan kata dan kalimat sederhana
  • Tulis untuk satu orang saja (personalisasi)
  • Jelaskan manfaat bagi audiens
  • Manfaatkan subheading

Itu dia penjelasan tentang copywriting dan teknik pembuatannya. Jika Anda memiliki bisnis pribadi dan membutuhkan teknik copywriting untuk memasarkan bisnis Anda, tim kami di Dibilabs siap membantu!

Dengan 200 lebih projek yang sudah diselesaikan, tim profesional kami di Dibilabs siap membantu Anda untuk meningkatkan traffic pada website atau akun media sosial Anda dengan teknik SEO dan copywriting. 

Temukan informasi lebih lanjut di dibilabs.id dan bergabung dengan 50 lebih bisnis lain yang sudah meraih sukses bersama Dibilabs!

Baca Juga :

× Hubungi Kami