Skip links
instagram ads

Instagram Ads: Pengertian, Cara Beriklan, Strategi dan Biaya

Instagram ads – Saat ini beriklan di media sosial sudah menjadi salah satu strategi yang cukup efektif untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan. Salah satunya dengan menggunakan Instagram Ads. Instagram Ads adalah sebuah fitur dari Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian para pengguna media sosial terhadap bisnis.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Instagram, bukan? Karena hampir setiap hari kita selalu mengakses Instagram untuk menemukan berbagai informasi dan iklan yang menarik dari feeds maupun story. Bagi kamu yang memiliki bisnis, tentunya kamu harus mencari tahu tentang Instagram Ads itu sendiri untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads merupakan sebuah platform beriklan di media sosial Instagram. Manfaat yang bisa didapatkan dari Instagram Ads yaitu untuk membuat iklan yang ditampilkan di feed maupun story Instagram.

Sejak diakuisisi oleh Meta pada tahun 2012, platform Instagram dan Facebook telah menjadi satu. Hal ini juga sangat berdampak pada sistem iklannya, sehingga jika kita ingin membuat Instagram Ads, kita harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu dan menggunakan Facebook Ads Manager untuk mengoperasikannya.

Instagram telah menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di dunia yang mencapai lebih dari 1 miliar orang. DataReportal menyatakan pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai kurang lebih 89 juta orang. Dengan basis yang besar, Instagram Ads menawarkan peluang untuk menjangkau orang lebih banyak.

Cara Beriklan di Instagram Ads

Berikut cara memasang iklan Instagram Ads, sebagai berikut:

  • Akses dashboard Facebook Ads Manager dan login menggunakan akun Facebook yang sudah ditautkan dengan akun Instagram.
  • Klik Go to Ads Manager atau Buka Pengelola Iklan.
  • Lalu buat akun iklan dengan cara klik baris 3 yang ada di pojok kiri atas, lalu klik Business Setting/Pengaturan Bisnis.
  • Setelah itu pilih Facebook Page yang ingin kamu iklankan, pilih Ad accounts, klik Add untuk menambahkan iklan, pilih Create a new ad account, dan isi nama akun serta pilih time zone serta mata uang yang ingin digunakan.
  • Pilih halaman bisnis yang ingin diiklankan, klik Create, pilih atau tambahkan orang yang dapat mengatur iklan kamu.
  • Selanjutnya iklan sudah siap untuk digunakan. Buka dashboard atau pengaturan iklan dengan klik Open in Ads Manager.
  •  Pasang iklan dengan klik Create warna hijau di bagian kiri.
  •  Pilih tujuan beriklan, bisa untuk memperluas engagement, menaikan traffic web, dan sebagainya.
  • Selanjutnya isi semua kolom yang diminta, mulai dari nama iklan, target audiens, penempatan lokasi iklan, jadwal, umur, dan lain-lain.
  • Jika sudah, cari kolom placement untuk mengatur penempatan iklan. Untuk iklan Instagram pastikan kamu memilih Manual Placement dengan mencentang Instagram.
  •  Kamu bisa mengatur iklan untuk muncul di feed, story, atau keduanya.

Strategi Beriklan di Instagram Ads

1.      Tentukan Tujuan Campaign

Saat akan beriklan di Instagram Ads, pastikan sudah menentukan tujuan campaign secara jelas. Apakah ingin meningkatkan kesadaran brand, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan traffic web.

2.      Pilih Audience Sesuai Target

Instagram Ads menyediakan fitur untuk memilih audience yang ingin dijangkau dengan tepat. Kamu bisa memilih berdasarkan lokasi, minat, perilaku, demografi, umur, dan sebagainya.

3.      Gunakan Konten Visual atau Video yang Menarik

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Instagram merupakan platform visual sehingga bisa memuat gambar atau video yang menarik dan berkualitas tinggi. Dengan begitu, konten iklan yang diposting akan menarik minat audiens.

4.      Buat Caption yang Sesuai

Caption dalam iklan Instagram Ads juga merupakan elemen penting yang dapat menarik perhatian audience. Buat caption yang menarik namun tetap informatif, serta singkat dan jelas.

5.      Gunakan CTA (Call-To-Action)

CTA juga adalah elemen penting untuk beriklan di Instagram Ads yang mendorong target audience untuk melakukan tindakan dari postingan iklan tersebut. Pastikan CTA sesuai dengan tujuan iklan dan berisikan kata-kata yang persuasif.

6.      Uji dan Optimalkan Campaign

Setelah iklanmu sudah berjalan, pastikan untuk terus memantau kinerja dari iklan tersebut. Lakukan A/B testing untuk mengetahui elemen apa saja yang berfungsi atau tidak. Dengan begitu, campaign iklanmu akan menjadi lebih optimal.

7.      Gunakan Fitur Pengukuran dan Pelaporan

Di dalam Instagram Ads juga sudah disediakan fitur untuk melakukan pengukuran dan pelaporan yang bisa membantu kamu untuk memahami kinerja dari campaign iklan tersebut dan membuat strategi yang tepat jika akan beriklan kembali.

Biaya Iklan di Instagram Ads

Untuk biaya iklan di Instagram ads sebenarnya sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan anggaran iklan yang kamu miliki. Hal ini bergantung pada berbagai faktor untuk mengoptimalkan iklan, seperti target audience, persaingan di pasar, jenis iklan, dan faktor-faktor lainnya.

Maka dari itu, kamu perlu membuat anggaran iklan yang realistis dan melakukan uji coba untuk menentukan biaya iklan yang tepat. Karena setiap biaya untuk metrik seperti CPC dan CPM akan berbeda-beda.

Namun secara keseluruhan, Instagram Ads merupakan platform iklan media sosial yang sangat murah, karena rata-rata budget harian di media sosial lain bisa mencapai 2x lipat lebih mahal dari Instagram ads.

Itulah penjelasan ringkas mengenai Instagram Ads. Untuk melakukan iklan di Instagram Ads, jangan terlalu pusing untuk melakukan pengaturan ads, kamu bisa mulai mencoba dengan budget termurah.

Atau jika masih ragu, serahkan saja kepada Dibilabs.id sebagai Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia. Kami akan membantu untuk mengoptimalkan strategi digital marketing melalui Instagram Ads.

Yuk, segera bergabung dengan Dibilabs.id. Kalian juga bisa konsultasi secara gratis ya!

× Hubungi Kami