Skip links
cek ranking website

Cara Cek Ranking Website di Google dengan 5 Tools yang Ini!

Cek Ranking Website – Jika kita berbicara tentang peringkat website pada Google, tentunya semua pemilik website ingin mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian. Dengan berada di peringkat pertama, maka akan sangat membantu bisnis kamu menjadi lebih terkenal dan membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi.

Namun ada beberapa kendala yang dihadapi untuk mendapatkan peringkat pertama di Google. Apalagi jika kata kunci yang sudah kita targetkan sebelumnya mempunyai kompetitor banyak.

Untuk dapat menaikan trafik dari website, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan peringkat website tersebut. Pengecekan rangking website di Google ini bertujuan untuk memantau kinerja dari Search Engine Optimization (SEO). Jika dirasa belum optimal, maka website harus diperbaiki dan dimaksimalkan lagi agar mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Tidak berhenti sampai disitu, jika sudah dilakukan perbaikan juga kamu harus terus memantaunya. Hal ini bertujuan agar website bisa terus bersaing di jajaran teratas mesin pencarian Google, dan mendapatkan trafik lebih banyak dari yang sudah kita targetkan.

Jika saat ini kamu belum mengetahui bagaimana cara cek ranking website di mesin pencarian Google, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengecek rangking website, seperti SERPRobot, What’s My SERP, SERPChecker, Google Search Console, dan lain-lain. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. SERPRobot

SERPRobot merupakan sebuah website yang menyediakan layanan SERP (Search Engine Result Position) analisis. Website ini bisa digunakan siapa saja karena gratis. SERPRobot akan sangat membantu untuk mengetahui peringkat website berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Kamu pun bisa melihat lebih dari 10 kata kunci rangking secara langsung.

Untuk dapat menggunakan SERPRobot, berikut langkah-langkahnya:

·       Masuk ke website SERPRobot.

·       Lalu tentukan religion atau target audiens pada website

·       Masukkan nama domain website

·       Setelah itu, masukkan kata kunci yang ingin dianalisis

·       Klik tombol Check SERP Now yang berada di paling bawah

·       Nanti akan muncul halaman peringkat website teratas sesuai dengan kata kunci yang telah dimasukkan

2.    What’s My SERP

Tidak jauh berbeda dengan SERPRobot, What’s My SERP merupakan sebuah tools gratis yang digunakan untuk mengecek ranking website dengan basis website sehingga bisa langsung digunakan tanpa perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Cara menggunakan What’s My SERP ini juga cukup mudah:

·       Masukkan domain website

·       Lalu masukkan maksimal 10 kata kunci yang akan dianalisa

·       Klik tombol Check All

·       Secara otomatis sistem akan melakukan pencarian dan menampilkan peringkat website berdasarkan kata kunci yang telah dimasukkan

3.    SERPChecker

SERPChecker ini merupakan tools yang cukup berbeda dengan kedua tools di atas. SERPCheker telah menyediakan informasi terkait cek ranking website secara lebih lengkap dan gratis. Akan tetapi untuk menggunakan tools ini kita dibatasi. User yang telah terdaftar hanya boleh melakukan pencarian sebanyak 5 kali dalam sehari.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan SERPChecker:

·       Daftar SERPChecker terlebih dahulu

·       Setelah itu, verifikasi email dan akan muncul tampilan berikutnya

·       Pilih SERPChecker untuk menganalisa peringkat website

·       Masukkan kata kunci beserta lokasi dan perangkatnya

·       Lalu klik Analyze Serp

4.    Google Search Console

Google Search Console adalah tools yang bisa digunakan untuk mengecek ranking website yang disediakan oleh Google secara gratis. Tools ini akan membantu untuk memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah ranking website di mesin pencarian Google.

Google Search Console menjadi tools yang wajib dipasang di setiap website yang ingin menjalankan SEO. Karena dengan ini kamu bisa melihat performa website, impresi dan banyaknya klik, peringkat, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga mengizinkan untuk menambahkan XML sitemap, yang dapat membantu Google untuk mengenal website dengan lebih baik.

Cara menggunakan Google Search Console juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

·       Masuk ke website Google Search Console

·       Lalu pilih tab performance, klik new page

·       Masukkan URL halaman yang akan dianalisis

·       Setelah itu akan muncul rata-rata peringkat website tersebut di google untuk semua kata kunci yang muncul

·       Jika ingin melihat peringkat halaman untuk satu kata kunci, kamu bisa menambahkan query dengan cara klik New Query

·       Masukkan kata kunci yang ingin dianalisis, nanti akan muncul peringkat halaman untuk kata kunci yang dimasukkan.

5.    Ahrefs

Ahrefs merupakan tools SEO berbayar yang banyak digunakan oleh perusahaan atau professional marketer. Aplikasi ini sangat berbeda dengan tools SEO lainnya, Ahrefs menawarkan interface yang user-friendly dan mudah dimengerti oleh pengguna baru.

Proses menganalisanya pun cukup mudah. Dengan tools ini kamu bisa mendapatkan semua data yang akan dikirimkan terkait SEO, SEM, sosial media, dan sebagainya. Selain itu, kamu akan mengetahui jumlah pencarian dan peringkat halaman untuk kata kunci tertentu.

Berikut cara menggunakan tools Ahrefs, diantaranya:

·       Daftar ke fitur premium

·       Analisa profile Backlink

·       Optimasi pada fitur explorer

·       Analisa pada fitur backlink

·       Sortir backlink berdasarkan authority page

·       Sortir backlink berdasarkan link, platform, dan bahasa

·       Kombinasikan filter untuk hasil terbaik

·       Cek URL pagenya

Nah, itulah kelima tools yang bisa digunakan untuk mengecek ranking website di Google. Jika masih bingung bagaimana cara mengecek ranking website, maka kamu butuh jasa SEO Dibilabs. Kami senantiasa akan membantu untuk mengoptimasi website yang kamu punya. Dibilabs.id sudah berpengalaman dalam menangani berbagai masalah website.

Yuk segera bekerja sama dengan Dibilabs.id untuk meningkatkan peringkat website kamu! 

× Hubungi Kami