Skip links
meta tag

Inilah Pengertian dan Jenis Meta Tag yang Wajib Kamu Ketahui untuk Optimasi Web

Meta tag – Meta tag merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh beberapa website untuk membantu agar website tersebut bisa terlihat di mesin pencarian paling depan. Maka secara sederhana, meta tag yaitu salah satu alat bantu untuk yang ditempatkan pada website untuk menyaring kata kunci yang dituliskan oleh audiens.

Seperti yang kita ketahui bahwa membuat website untuk berada di halaman pertama hasil pencarian itu sangatlah sulit. Karena banyak kompetitor yang sama-sama ingin muncul di halaman terdepan mesin pencarian. Selain itu, algoritma penentuan rangking hasil pencarian Google juga sangat sulit ditebak. Itulah mengapa kamu harus bisa mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Dalam artikel ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai meta tag beserta jenis-jenisnya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Meta Tag

Meta tag adalah salah satu strategi dalam SEO atau Search Engine Optimization. Dengan melakukan optimasi pada meta tag, kamu bisa membuat website bisa muncul pada halaman pertama dari mesin pencarian. Dengan begitu, peluang untuk dilihat dan diklik para pengguna akan sangat besar.

Meta tag menjadi sangat penting bagi website agar bisa bekerja secara maksimal. Untuk mengoptimalkan meta tag, kamu harus berhati-hati dalam pembuatannya. Jika ada sedikit salah membuat di bagian ini, maka konten yang kamu buat tidak akan mudah untuk menembus mesin pencari di halaman pertama. Efek paling buruknya yaitu jumlah lead dan traffic yang masuk ke website tentu akan menjadi sangat buruk.

Dalam pembuatannya, meta tag ini tidak ditulis bersamaan dengan isi konten. Akan tetapi ditulis dalam bentuk script pada file HTML di website, biasanya terletak di antara tag “<head> dan </head>” pada halaman source code.

Jenis – Jenis Meta Tag

Ada tiga jenis meta tag yang harus dimasukkan agar setiap konten yang dibuat bisa dioptimasi dengan baik. Berikut ini adalah ketiga jenis meta tag.

1.      Meta Title

Meta title merupakan sebuah judul di halaman website yang muncul di hasil pencarian. Meta tag menjadi hal pertama yang pengguna lihat pada hasil pencarian, sehingga dalam membuat meta title tentu harus yang unik dan menarik agar bisa mendorong pengunjung untuk mengklik konten tersebut.

Untuk dapat memaksimalkan meta title, biasanya pengguna CMS seperti WordPress akan menggunakan plug-in. aplikasi tambahan yang cukup mudah digunakan untuk keperluan SEO yaitu Yoast SEO.

Dengan plugin tersebut, kamu bisa dengan mudah memberikan meta title yang menarik perhatian pengguna. Selain itu, panjang dan pendek dari meta tile bisa diatur untuk menghindari indikator merah.

Tips membuat meta tag:

·       Buat meta tag yang unik dan menarik karena akan tampil di mesin pencarian. Boleh menambahkan clickbait.

·       Masukkan kata kunci yang menjadi target sasaran.

·       Buat meta tag yang relevan dengan isi konten.

·       Jangan membuat meta tag terlalu panjang, maksimal 60 karakter saja.

·       Bisa menambahkan angka atau simbol tertentu.

2.      Meta Description

Selain meta title, terdapat meta description untuk menyempurnakan tampilan website. Meta description adalah tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai isi halaman pada website. Meta title description akan muncul di bagian bawa meta title.

Pada plugin Yoast SEO, kamu bisa menambahkan meta description karena sudah disediakan. Kamu bisa membuat meta description dengan panjang maksimal 155-160 karakter saja. Lebih sedikit maka akan lebih baik hasilnya.

Secara sederhana, meta description ini menjadi bocoran atau rangkuman yang berkaitan dengan konten yang akan dibahas. Maka isi dari meta description harus membuat orang yang membaca menjadi lebih penasaran, dan secara tidak sadar mengklik website tersebut.

Tips membuat meta description yang optimal:

·       Tulis deskripsi sesuai dengan isi konten.

·       Masukkan kata kunci pada meta description.

·       Buat meta description yang menarik, untuk menarik perhatian para pengunjung.

·       Pastikan isi dari meta description sesuai dengan isi dari halaman website.

3.      Meta Keyword

Meta keyword menjadi salah satu informasi keyword atau kata kunci yang digunakan pada sebuah website. Meta keyword ini akan memberitahu mesin pencarian mengenai isi postingan pada website kamu. Sebagai contoh, satu halaman artikel yang membahas tentang sepatu sepak bola. Kamu bisa menggunakan kata kunci “sepatu sepak bola yang bagus” sebagai fokusnya.

Saat ini mesin pencarian seperti Google sudah sangat canggih untuk menganalisis sebuah konten. Maka dari itu kita tidak bisa sembarangan dalam menggunakan kata kunci. Kamu harus bisa membuat kata kunci yang tepat agar website mudah ditemukan di mesin pencarian Google.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, kamu bisa menggunakan tools yang sudah disediakan, seperti Google Keyword Planner, KWFinder, dan Google Suggest.

Bagi kamu yang menggunakan plug-in Yoast SEO, bisa memasukkan keyword pada kolom focus keyphrase.

Mulai saat ini, optimalkan website yang kamu punya dengan meta tag menggunakan jasa SEO dari Dibilabs.id. Dibilabs merupakan Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia. Kami akan senantiasa membantu untuk mengoptimalkan strategi SEO, pengelolaan media sosial yang efektif, membuat strategi iklan online, dan sebagainya. Segera bekerja sama dengan kami, untuk bisnis kamu yang lebih sukses!

× Hubungi Kami