Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif setiap bulannya. Hal tersebut adalah peluang untuk para pebisnis untuk melakukan promosi bisnis mereka melalui facebook. Facebook Ads menjadi pilihan yang banyak diminati oleh pemilik bisnis dalam melakukan promosi karena jangkauannya luas. Facebook Ads sendiri terdiri dari Instagram, Messenger, sampai dengan Audience Network.
Apa Itu Facebook Ads?
Facebook Ads adalah bentuk layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook untuk bisa membantu dalam melakukan promosi produk, jasa, dan juga konten yang dibuat. Iklan yang sudah dibuat kemudian akan muncul pada pengguna Facebook, Instagram, Messenger, atau media sosial lain yang ada dalam lingkup Meta.
Iklan yang dipublikasikan tidak hanya fokus pada pengguna Facebook saja, kamu juga bisa menargetkan pengguna Facebook berdasarkan pada kriteria yang terdiri demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis. Metode targeting bisa membantu kamu untuk menjangkau audiens yang relevan guna meningkatkan peluang dalam meningkatkan penjualan.
Manfaat Facebook Ads
Facebook Ads memiliki banyak manfaat yang digunakan dalam melakukan promosi bisnis, kegiatan marketing, dan lainnya. Berikut penjelasan manfaat Facebook Ads.
Jangkauan Audiensi Lebih Luas
Facebook Ads mampu untuk menjangkau audience lebih luas, sementara pemasaran secara organik menyasar pada pengikut akun media sosial milik kamu saja. Kamu juga bisa mendapatkan pelanggan dari Facebook padahal media sosial utama yang digunakan adalah instagram. Manfaat ini akan berdampak baik terhadap peningkatan penjualan bisnismu.
Ramah Biaya
Facebook Ads sangat efektif digunakan dari segi biaya jika dibandingkan dengan media pemasaran tradisional, yang menggunakan surat kabar atau televisi. Kamu juga bisa membuat strategi iklan sesuai dengan anggaran yang ditentukan dan mendapatkan keuntungan maksimal.
Meningkatkan Brand Awareness
Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka beberapa kali sehari, hal ini menjadi pelu agar target pasar bisa berulang kali menerima paparan atau exposure iklan yang sudah di pasang. Bahkan jika audience banyak yang tidak tertarik di awal, iklan ini akan berpotensi membantumu untuk membangun kepercayaan dan membiarkan iklan tersebut bisa tayang dalam jangka waktu lebih lama.
Target yang efektif
Iklan yang sudah dibuat pada Facebook bisa disesuaikan dengan target bisnis yang kamu buat. Mulai dari usia, gender, lokasi, dan ketertarikan, hal tersebut bisa membuat iklanmu menjadi lebih efektif karena sesuai dengan target pasar.
Analisa Lanjutan
Iklan yang sudah dibuat bisa dilihat analisis datanya, maksudnya mulai dari impresi, jangkauan, CTR, conversion rate tersedia untuk dilakukan analisa lebih lanjut. Kamu juga bisa mengukur keberhasilan dari kampanye iklan yang sudah kamu buat.
Cara Membuat Iklan di Facebook
Terdapat 4 langkah yang perlu untuk diperhatikan saat membuat iklan di Facebook:
Membuat halaman Facebook
Login terlebih dahulu ke Facebook, lalu kemudian pilih menu halaman atau halaman baru dan pilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnismu. Kemudian lengkapi informasi yang dibutuhkan, setelah membuat halaman di Facebook kamu sudah bisa membuat Facebook Ads.
Login ke Facebook Ads Manager
Lanjut untuk masuk ke halaman Facebook Ads Manager lalu login dengan akun Facebook yang nanti digunakan untuk mengelola iklan.
Isi Detail Iklan
Cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk membuat iklan secara detail:
- Materi iklan: Gunakan postingan yang ada dan pilih gambar atau video untuk mengklik edit opsi.
- Pemirsa: Pilih pemirsa disarankan berdasarkan minat dan karakteristik tertentu.
- Durasi: Pilih berapa lama iklan yang dijalankan, kamu juga bisa menjeda kapan saja.
- Anggaran harian: Pilih rekomendasi anggaran.
- Penempatan: Pilih tempat yang kamu inginkan untuk menayangkan iklan.
- Metode pembayaran: Tinjau metode pembayaran kamu, jika perlu coba untuk mengubah dan memperbarui metode pembayaran kamu.
Lakukan Promosi
Jika semua langkah sudah dilakukan, terakhir lakukan promosi
Berkembangnya zaman membuat semua teknologi juga berkembang cukup pesat, salah satunya dengan menggunakan Facebook Ads. Bagaimana apakah kamu sudah paham penjelasan pembuatan iklan Facebook di atas?
Ingin lebih tahu dan belajar mengenai Facebook Ads? Bersama Dibilabs kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap pembelajaran tentang media sosial. Dibilabs menyediakan berbagai variasi kebutuhan digital marketing untuk bisnis kamu, Temukan informasi lengkapnya hanya di Dibilabs.id dan mulai bangun bisnismu!
Baca Juga :