Skip links
Facebook Ads Libabry

Apa Itu Facebook Ads Library, Fungsi dan Cara Menggunakannya?

Kemajuan zaman seperti saat ini, membuat persaingan dalam dunia bisnis juga semakin ketat. Namun, hal ini bisa diatasi dengan munculnya fitur Facebook Ads Library yang bisa digunakan untuk melihat iklan seperti apa untuk digunakan oleh kompetitor.

Melakukan riset terhadap kompetitor menjadi hal penting yang harus dilakukan jika, kamu ingin bisnismu lancar. Ads Library ini dikembangkan oleh Facebook yang kini semakin hari terus berkembang, tidak hanya sebagai media sosial untuk berbagi keseharian tetapi Facebook juga merambah ranah dalam periklanan yang memungkin untuk memasarkan brand melalui brand tersebut.

Artikel ini akan membahas secara rinci mengenai fitur Facebook Library yang terdiri dari pengertian, fungsi, dan cara menggunakannya.

Apa itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library merupakan fitur gratis yang digunakan untuk mengetahui semua iklan yang tayang pada semua platform di bawah naungan Meta, seperti Facebook dan Instagram. Fitur ini memberikan transparansi data berupa visual iklan dan copy untuk brand-brand yang memasangkan iklan melalui facebook.

Tidak hanya iklan yang sedang tayang, database dari Ads Library juga menyajikan iklan yang dinilai sudah tidak aktif bahkan sudah dihapus. Informasi yang tersedia ini cukup lengkap seperti nama pengiklan, periode tayang, daerah target lainnya. 

Terdapat dua jenis iklan yang terdapat di Facebook Library, yaitu iklan umum seperti pemasaran produk dan iklan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan Ads Library sebagai alat analisis kompetitor, mereka juga mendapatkan wawasan yang berhubungan dengan iklan digital yang dijalankan oleh kompetitor.  

Fungsi Facebook Ads Library

Memudahkan riset kompetitor 

Kamu bisa melihat iklan yang dijalankan oleh kompetitor dan digunakan untuk menganalisis jenis iklan yang digunakan, pesan yang disampaikan, dan strategi pemasaran yang akan diterapkan. 

Sebagai referensi pembuatan iklan 

Ads Library bisa digunakan sebagai referensi untuk ads campaign, kamu juga bisa melihat berbagai format iklan, gaya visual, dan cara menyampaikan pesan dengan menarik. Khususnya iklan besar dan juga populer. 

Memudahkan melakukan market research

Ads Library bisa membantu untuk melakukan market research dengan memperhatikan berbagai jenis iklan yang ditampilkan pada audiens yang menjadi target kamu. Maka, dengan itu kamu bisa lebih memahami kebutuhan dan ketertarikan mereka. 

Menyusun strategi bisnis 

Langkah selanjutnya ketika kamu sudah mengetahui latar belakang dari iklan kompetitor, saatnya menyusun strategi bisnis dengan beriklan yang lebih unik dan baik. Apabila campaign iklan yang dilakukan berhasil, maka kamu bisa ikuti jejak strategi dan memodifikasinya dengan lebih baik. Sedangkan jika gagal, maka kamu bisa menyusun strategi bisnis dan membuat iklan jauh lebih baik sehingga peluang keberhasilannya lebih besar.   

Digunakan untuk memenangkan persaingan bisnis

Tujuan dari riset kompetitor dan menyusun strategi bisnis akan bermuara pada satu tujuan akhir yaitu memenangkan persaingan bisnis. Riset yang kamu lakukan sudah tepat dan strategi yang dijalankan sudah benar, maka kamu bisa memenangkan persaingan bisnis di era digital ini. 

Tips Menggunakan Facebook Ads Library

Berikut ini penjelasan mengenai cara yang dilakukan saat menggunakan Facebook Ads Library, simak penjelasannya ya!

Memperhatikan iklan yang masih tayang 

Pertama, jika kamu ingin melakukan riset kompetitor maka sebaiknya perlu untuk memperhatikan iklan yang sedang tayang. Mayoritas iklan yang masih tayang, apalagi dalam jangka waktu lama, biasanya sering menghasilkan konversi. Sementara itu, iklan yang kurang berhasil biasanya hanya tanya secara singkat. 

Menganalisis peran dan jenis penawaran iklan

Coba perhatikan pesan yang disampaikan di dalam iklan dan jenis penawaran yang diberikan, tindakan ini dilakukan untuk membantu kamu dalam memahami faktor yang menarik perhatian audiens dan cara menyusun pesan marketing yang efektif. 

Tetap menjaga kreativitas dan keunikan brand 

Walaupun kamu bisa mendapatkan inspirasi dari iklan lain, pastikan untuk kamu bisa menjaga kreativitas dan juga keunikan dari brad yang kamu pasarkan. Kamu juga boleh melihat ide iklan lainnya yang ada di database Ads Library, namun harus tetap sesuai dengan brand image kamu. Hal ini dilakukan untuk bisa menghindari tuduhan plagiasi dan pelanggaran hak cipta. 

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

  1. Masuk pada laman Facebook Ads Library untuk menjelaskan Ads Library atau login terlebih dahulu.
  2. Pilih atau ketik negara yang ditargetkan
  3. Pilih kategori iklan yang ingin ditargetkan
  4. Jika sudah, kamu bisa melihat bermacam-macam jenis iklan

Kepopuleran dari Facebook Ads Library ini digunakan sebagai wadah untuk melakukan promosi bisnis secara efektif. Kamu bisa memiliki tempat pemasaran pribadi yang memiliki tingkatan visibilitas tinggi dengan kerjasama bersama Dibilabs.id, yuk segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim kami di Dibilabs.id! 

Dengan tim yang ahli dalam pengembangan dan desain berhubungan dengan social media, kamu bisa melakukan peningkatan sesuai dengan bisnis yang kamu kembangkan. Temukan informasi lengkapnya hanya di Dibilabs.id dan mulai bangun bisnismu!

.

Baca Juga :

× Hubungi Kami