Berbicara mengenai social media, tidak lengkap rasanya jika tidak melibatkan influencer dan KOL. Apakah influencer dan KOL adalah dua hal yang sama dalam dunia social media marketing? Dan bagaimana peran KOL dalam social media marketing ini? Dibilabs akan membahasnya secara lengkap di sini!
Apa Itu KOL
Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang mempunyai kredibilitas yang sangat tinggi dan juga memiliki kapasitas untuk memberikan pengaruh terhadap banyak orang agar mereka tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
KOL akan diajak bekerja sama oleh perusahaan sebagai bagian dari pemasaran dari produk mereka. KOL juga akan turut mempromosikan produk agar calon konsumen bisa ter-influence. Kehadiran orang atau tokoh yang sudah dikenali masyarakat pastinya bisa membantu meningkatkan penjualan.
Lalu yang wajib diperhatikan juga, dalam memilih KOL tidak boleh sembarangan. Perusahaan harus memilih seorang KOL yang memang ahli pada bidangnya dan juga relevan dengan produk perusahaan.
Contohnya, produk yang akan dijual perusahaan adalah kosmetik maka Anda dapat memilih KOL yang memang spesialis pada bidang tersebut, sehingga calon konsumen juga akan percaya pada brand Anda.
Perbedaan KOL dan Influencer
Ketika dilihat dari pengertiannya, KOL dan influencer memang sama untuk mempengaruhi calon konsumen. Akan tetapi, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Berikut ini merupakan perbedaan antara KOL dan influencer sebagai berikut.
1. KOL berkomunikasi satu arah, influencer dua arah
Terdapat perbedaan dalam cara berkomunikasi, KOL berkomunikasi dalam satu arah. Maksudnya mereka jarang menanggapi komentar maupun menjawab pertanyaan dari audiens, seringkali hal itu dilakukan oleh asisten pribadi atau manajer mereka.
Sedangkan seorang influencer menggunakan komunikasi dalam dua arah, mereka aktif dalam berinteraksi dengan audiens. Contohnya dalam menyapa audiens, menjawab komentar, atau yang lainnya.
2. KOL tidak butuh media sosial, sedangkan Influencer butuh
KOL hanya membutuhkan media sosial sebagai perantara untuk bisa menjangkau audiens serta mendorong penjualan produk. Tanpa media sosial saja, KOL akan tetap memiliki banyak audiens serta dianggap kredibel.
Seorang influencer sangat bergantung pada media sosial untuk mengembangkan niche atau bidang yang ia geluti serta meningkatkan followers.
Fungsi KOL dalam Strategi Social Media Marketing
1. Membantu Promosi Produk atau Brand
Jika seorang KOL sedang melakukan social media marketing pada akunnya, berarti ia sedang membantu proses promosi produk atau brand Anda. Dengan banyaknya follower yang ia miliki, maka kemungkinan bisnis Anda akan dikenal banyak orang pun akan semakin besar. Mereka yang tertarik akan membuka akun bisnis Anda untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang Anda jual. Dan, bukan tidak mungkin akan terjadi proses transaksi dalam bisnis Anda.
2. Menambah Jumlah Pelanggan
Ketika kredibilitas dari brand Anda meningkat pesat, maka jumlah pelanggan pun pastinya akan turut mengalami peningkatan. Selain berkat dari pemasaran yang dilakukan oleh seorang KOL pada media sosialnya, peningkatan jumlah pelanggan ini juga bisa diperoleh dari ulasan positif yang disampaikan oleh pelanggan kepada orang-orang di sekitarnya. Maka dengan begitu, pelanggan baru pun bisa berdatangan dari segala arah.
3. Meningkatkan Kredibilitas Brand
KOL bukanlah dari sembarang orang yang dikenal banyak orang begitu saja, akan tetapi ia sudah sangat berpengalaman dalam suatu bidang. Jadi dengan Anda menggunakan KOL dalam marketing, kredibilitas brand Anda pun bisa mengalami perubahan yang sangat positif. Calon konsumen yang melihat promosi dari KOL Anda pastinya bisa lebih mudah percaya dan terpengaruh terhadap rekomendasi tersebut dan akhirnya memilih brand Anda dibandingkan dengan kompetitor.
Kembangkan Bisnis Bersama Dibilabs, Social Media Marketing Agency Terbaik
Inilah saatnya untuk mengembangkan bisnis Anda dan menjadikannya tumbuh dengan pesat. Dapatkan solusi pemasaran digital terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya melalui Dibilabs. Sebagai mitra pemasaran digital yang berpengalaman selama bertahun-tahun, kami siap membantu Anda mencapai kesuksesan.
Jadi, jika Anda masih meragukan langkah-langkah pemasaran digital Anda, segera hubungi tim kami. Kami siap memberikan konsultasi yang Anda butuhkan demi pertumbuhan bisnis Anda. Dengan Dibilabs, Anda dapat memiliki strategi pemasaran digital di sosial media yang efektif dan aman untuk mengembangkan bisnis Anda.