Paid Traffic – Saat kita membahas mengenai visitor website, maka akan ada dua cara yang bisa digunakan untuk dapat mendapatkannya, yaitu dengan cara organic traffic dan paid traffic. Dari kedua cara ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi tujuan utamanya sama, yakni untuk mendatangkan visitor ke halaman website.
Traffic sendiri merupakan sebuah nyawa dari halaman website. Website bisa dikatakan hidup jika memiliki banyak pengunjung atau visitor yang mengakses halaman situs tersebut.
Tantangan terbesar para pemilik website yaitu dengan terkendalanya untuk memperoleh pengunjung yang mereka inginkan. Apalagi jika website terbilang masih muda, maka akan ada kendala dan kesulitan untuk mencari pengunjung.
Namun ternyata, paid traffic dinilai efektif untuk mendapatkan pengunjung atau visitor dengan cepat. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pentingnya paid traffic dalam website untuk meningkatkan pengunjung dan sebagai salah satu cara untuk dapat muncul di pencarian teratas Google. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Pengertian Paid Traffic
Sesuai dengan arti namanya, paid traffic merupakan trafik yang berbayar. Traffic jenis ini akan bisa kamu dapatkan ketika membayar sebuah iklan yang disediakan pihak kedua yang mengarahkan traffic secara instan ke website.
Dengan kata lain, setiap visitor yang datang ke website kamu tidak melalui pencarian organik, melainkan menggunakan iklan yang mereka klik.
Iklan yang pengguna klik ini bisa dari internet atau media sosial yang merupakan praktek dari Search Engine Marketing atau SEM. Untuk mendapatkan kunjungan dari paid traffic, para pengiklan harus membayar layanan iklan yang tersedia seperti melalui Google Ads, Facebook Ads, atau lainnya.
Pentingnya Paid Traffic untuk Website
Paid traffic menjadi salah satu iklan yang paling banyak digunakan oleh para marketer atau pebisnis online untuk mengejar kebutuhan lead secara cepat. Misalnya, bisnis yang mempunyai produk atau pelayanan jasa yang ingin segera memperoleh konsumen dengan cara yang cepat, maka menggunakan paid traffic dinilai efektif untuk digunakan.
Akan tetapi, untuk menggunakan paid traffic ini membutuhkan perhitungan yang matang terkait dengan pemasukan yang diperoleh untuk dapat menutup biaya iklan tersebut. Umumnya, konversi perhitungan dilakukan dengan jumlah klik yang akan mengarah pada halaman website-mu.
Baca Juga : CPAS : Definisi, Keuntungan dan Cara Penerapannya
Manfaat Menggunakan Paid Traffic
Ada banyak alasan mengapa para marketer dan pebisnis online lebih memilih paid traffic dibandingkan jenis iklan online lainnya. Salah satunya karena manfaat yang didapatkan dari paid traffic ini cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat paid traffic, diantaranya:
Meningkatkan Traffic Website
Wajar rasanya jika para pemilik website menginginkan jumlah traffic yang tinggi pada halaman websitenya. Dengan begitu, maka peluang untuk memperoleh closing menjadi terbuka lebar.
Dari sekian banyaknya strategi untuk memperoleh visitor, cara paling mudah digunakan yaitu dengan strategi SEM. Akan tetapi kamu harus bisa membuat perencanaan yang matang agar tidak membebani keuangan.
Cara Mudah Untuk Muncul di Pencarian Teratas
SEO dan SEM merupakan teknik yang sering digunakan untuk bisa muncul di hasil pencarian teratas. Meski tidak memerlukan biaya, tetapi SEO sulit memberikan hasil instan sehingga diperlukan waktu untuk muncul di pencarian teratas.
Maka agar bisa muncul di pencarian teratas dengan mudah dan cepat, kamu bisa berfokus pada penggunaan SEM yang memberikan peluang lebih tinggi untuk meningkatkan traffic website.
Meningkatkan Brand Awareness
Tidak bisa dipungkiri bahwa paid traffic ini dianggap lebih efektif untuk membangun brand awareness bagi sebuah brand. Secara sederhana, jika halaman website-mu berada di peringkat teratas hasil pencarian, maka para visitor juga akan lebih percaya dan mudah untuk mendapatkan produk atau jasa dan layanan lainnya.
Membantu Mengumpulkan Data Demografi Pelanggan
Dengan menggunakan bantuan dari SEM, maka kamu bisa memperoleh data dan informasi dari konsumen yang sudah menjadi target. Informasi yang ditampilkan tersebut dapat mencakup minat, wilayah, jenis kelamin, dan sebagainya.
Dengan data tersebut, nantinya akan memudahkan kamu dalam menargetkan konsumen lainnya.
Membantu Memasarkan Produk atau Jasa
Salah satu tujuan para pebisnis online membuat website yaitu untuk mendapatkan konsumen yang sedang mencari produk atau jasa yang mereka cari. Dengan menggunakan paid traffic, kamu bisa menyasar calon pelanggan yang potensial. Kamu hanya butuh menyediakan biaya iklan dan mencari kata kunci yang sesuai. Nantinya iklan tersebut akan berjalan secara efektif, mudah, dan juga terukur.
Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai paid traffic yang menjadi salah satu cara jitu untuk dapat muncul di mesin pencarian teratas. Menggunakan metode paid traffic atau organic traffic memang ada kelebihan dan kekurangannya. Hal tersebut bergantung kepada kita sebagai pemilik website untuk mengatur situs web tersebut, sehingga dapat sesuai dengan tujuannya.
Jika ingin bisnis onlinemu untuk menjangkau lebih banyak konsumen? Segera gunakan jasa dari Digital Marketing Agency Dibilabs! Dibilabs menjadi salah satu agency yang berpengalaman dalam membantu para pebisnis online untuk beriklan paid traffic.
Tim Dibilabs telah ahli dalam membantu untuk menyusun strategi iklan yang tepat bagi bisnis online-mu, lalu dibantu untuk pemantauan dan evaluasi iklan secara berkala untuk memastikan iklan berjalan dengan efektif. Dan tentunya tujuan utama yaitu untuk meningkatkan konversi penjualan.
Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Dibilabs sebagai salah satu digital marketing agency indonesia terbaik untuk bisnis online-mu!