Skip links
google adwords

Ini Ulasan Lengkap Mengenai Google Adwords

Google Adwords – Setiap pebisnis online pada saat ini membutuhkan sebuah fitur yang mampu membantu untuk memasarkan bisnisnya untuk dapat menjangkau target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya. Maka dari itu, Google memberikan jawaban atas permasalahan tersebut dengan menyediakan fitur yang disebut dengan Google Adwords.

Google adwords ini menjadi salah satu fitur yang bisa menampilkan iklan berbayar pada hasil pencarian Google. Jika kamu sedang mencari sesuatu dan memasukkan kata kunci pada kolom search engine Google, maka hasil yang akan kamu dapatkan adalah jawaban kata kunci tersebut beserta data iklan atau ads.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Google adwords, simak artikel ini untuk pembahasan lebih lengkapnya!

Pengertian Google Adwords

Google Adwords adalah platform iklan yang disediakan oleh Google untuk dapat mengatur iklan dari situs bisnis kita. Dari sini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan yang akan ditampilkan di search engine Google, lokasi target pasar, bahasa, dan lain sebagainya.

Google akan mengelola dan menampilkan iklan yang telah kita buat sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditentukan. Iklan yang dipasang pun akan muncul pada perangkat pengguna yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang kita pilih. Singkatnya, iklan di Google yang kita pasang akan muncul di halaman pencarian Google.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords

Pada saat kamu memutuskan untuk menggunakan Google adwords untuk mengiklankan produk dan brand, maka peluang untuk mengembangkan bisnis akan menjadi lebih terbuka. Dengan memulai menggunakan layanan dari Google ads ini, maka artinya kamu sudah selangkah lebih maju untuk bisnis di era digital. 

Tentunya ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dalam menggunakan Google adwords, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Google Menguasai Pasar Online

Google menjadi salah satu platform yang mampu menjawab setiap pertanyaan dari penggunanya. Perusahaan Google berhasil menguasai pasar mesin pencari di seluruh dunia dengan tingkat persentase 92,07%. Dengan melihat besarnya peluang yang diberikan Google, maka tentu kamu akan memperoleh keuntungan yang besar saat menggunakan fitur Google adwords untuk tujuan mengiklankan bisnis yang kamu miliki.

  1. Target Pasar Lebih Spesifik

Pada saat menggunakan layanan Google ads, kamu bisa menentukan sendiri target pasar yang diinginkan. Selain bisa mengatur target pasar, kamu juga bisa melakukan pengaturan iklan agar bisa tampil di perangkat tertentu saja. Google juga memberikan fitur untuk mengatur sendiri jadwal tayang dari iklan kamu. Dengan begitu, beriklan di Google adwords menjadi sangat tepat untuk menjalankan bisnis online.

  1. Hemat Biaya

Mungkin kebanyakan pebisnis online mengira jika memasang iklan di Google memerlukan biaya yang sangat mahal. Namun faktanya, memasang iklan di Google adwords sangatlah terjangkau. Kamu bisa memulainya dengan harga 50 ribu rupiah saja.

Cara Menggunakan Google Adwords

Setelah mengetahui beberapa keuntungannya, maka sekarang kita harus mengetahui cara menggunakan Google adwords. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Buat Akun Google

Pertama yang harus dilakukan untuk iklan di Google adwords yaitu buat akun Google. Akun Google ini bisa menggunakan akun pribadi atau membuat akun Google baru untuk keperluan Google Ads.

  1. Pilih Goal

Setelah memiliki akun Google, kamu akan melihat kaliman “pick a goal for your ad”. Di dalam goal itu kamu akan diberikan tiga pilihan, yaitu call your business, visit your storefront, dan take an action on your website.

  1. Pilih Target Lokasi

Di dalam laman ini, kamu bisa memilih target lokasi yang sesuai dengan kebutuhan iklan. Kamu bisa memperluas atau mempersempit target lokasi secara bebas. ini merupakan salah satu keuntungan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan layanan iklan di Google.

  1. Pilih Kategori Bisnis

Tentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk atau layanan jasa kamu. Jika kamu menjalankan bisnis fashion, maka kamu bisa memilih kategori bisnis tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa menentukan pasar secara tepat sasaran. Jangan sampai salah dalam memilih kategori bisnis, karena akan berdampak besar pada iklan.

  1. Membuat Copy Iklan

Pada langkah ini, kamu harus cermat dalam menggunakan kemampuan copywriting. Copy iklan ini menjadi bagian yang cukup penting saat beriklan menggunakan Google adwords. Google pun akan membatasi karakter untuk copy yang ingin dibuat. Coba buat copy yang mampu menjelaskan tentan bisnis kamu secara jelas.

  1. Memasukkan Foto

Pilih foto logo bisnis yang digunakan untuk iklan. Akan tetapi memasukkan foto logo ini sifatnya opsional, tidak wajib.

  1. Menentukan Biaya

Google adwords memberikan kebebasan dalam menentukan biaya iklan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan lagi biaya iklan yang mahal, karena Google menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click.

  1. Memilih Metode Pembayaran

Terakhir, kamu bisa memilih metode pembayaran. Metode pembayaran dari iklan Google ini sangat banyak, bisa menggunakan transfer bank atau kartu kredit.

Jadi itulah pembahasan lengkap mengenai Google adwords. Jika kamu saat ini sedang melakukan bisnis, maka bisa mencoba untuk memasang iklan pada layanan Google adwords ini agar bisnis kamu bisa mencapai target sesuai dengan pasar.

Namun jika kamu bingung untuk menjalankan iklan di Google Adwords, serahkan kepada Dibilabs! Dibilabs merupakan Digital Marketing Agency yang terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak pebisnis dan perusahaan dalam menjalankan iklan di Google.

Segera konsultasikan pada Dibilabs untuk meraih kesuksesan bisnis onlinemu!

Baca Juga : Paid Traffic : Cara Jitu untuk Muncul di Pencarian Teratas di Google

× Hubungi Kami