Skip links
behavioral targeting

Behavioral Targeting : Definisi, Cara Kerja dan Manfaatnya

Behavioral targeting – Di era yang serba digital seperti saat ini, memasarkan produk atau layanan yang sesuai dengan keinginan para konsumen bukan menjadi sebuah tantangan yang sulit. Saat ini kamu bisa membuat strategi marketing yang relevan dengan keinginan para konsumen melalui behavioral targeting.

Behavioral targeting yaitu sebuah teknik pemasaran digital yang akan membantu bisnis online-mu untuk lebih mempersonalisasikan iklan dan penawaran kepada para calon konsumen. Dengan membuat strategi iklan yang sesuai dengan preferensi calon konsumen, tentu kamu akan bisa meningkatkan konversi penjualan.

Dengan mempelajari cara kerja teknik behavioral targeting bisa mengubah pendekatan penjualan bisnis online-mu terhadap periklanan digital dan harapannya akan mengalami peningkatan dari tingkat keberhasilan yang telah ditentukan. 

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dari behavioral targeting, apa saja manfaatnya, serta bagaimana cara kerjanya untuk keuntungan bisnis online-mu. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Behavioral Targeting

Behavioral targeting atau penargetan perilaku merupakan sebuah teknik periklanan yang digunakan para pebisnis online atau perusahaan untuk menargetkan pelanggan berdasarkan perilaku online mereka, seperti preferensi pembelian yang mereka lakukan, situs web yang sering mereka kunjungi, istilah yang sering mereka cari, dan sebagainya.

Seperti contoh, jika calon konsumen sedang melihat sebuah pakaian di situs ecommerce, lalu kemudian perusahaan bisa menampilkan iklan kepada calon konsumen di situs web lain, sehingga memungkinkan untuk mereka akan melakukan pembelian.

Manfaat Behavioral Targeting

Terdapat beberapa manfaat dari behavioral targeting berdasarkan perilaku calon konsumen. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Keterlibatan Pengguna yang Lebih Tinggi

Behavioral targeting memungkinkan para pebisnis online untuk menargetkan konsumen berdasarkan kebiasaan yang sering mereka lakukan. Karena iklan yang dilihat akan lebih relevan, maka mereka akan merasa terlibat dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Klik-tayang yang Lebih Tinggi

Dikarenakan iklan yang ditampilkan akan sesuai dengan perilaku para calon konsumen, maka mereka akan cenderung untuk mengklik iklan yang ditampilkan.

  • Tingkat Konversi yang Lebih Baik

Iklan yang dapat mencapai target pasar perilaku umumnya akan menarik bagi para calon konsumen yang melihatnya. Hal ini akan berdampak baik untuk peningkatan kemungkinan calon konsumen untuk meminta lebih banyak informasi tentang produk atau layanan bahkan melakukan pembelian.

  • Pengalaman Iklan yang Lebih Baik

Ketika para calon konsumen merasa diperhatikan oleh produk dan layanan yang ditawarkan, mereka akan merasa lebih menyenangkan dan menciptakan pengalaman menjelajahi situs yang lebih baik sehingga menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

  • Penjualan yang Tinggi

Pebisnis online yang melakukan behavioral targeting umumnya akan melihat penjualan yang lebih tinggi. Mereka bisa dengan mudah untuk mengingatkan para calon konsumen tentang produk yang relevan dan memberi mereka informasi tentang produk yang sebelumnya mereka minati.

Cara Kerja Behavioral Targeting

Membuat penargetan iklan berdasarkan perilaku calon konsumen di sebuah platform digital akan memudahkan kamu untuk membuat iklan yang lebih personal dengan para audiens. Dengan begitu, kamu akan lebih terhubung dengan target pasar perusahaan.

Untuk dapat melakukan iklan untuk menyasar konsumen dengan tepat sasaran, ada beberapa tahapan behavioral targeting dalam strategi marketing. Beberapa cara kerjanya di bawah ini:

  1. Data dikumpulkan

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam proses penargetan perilaku yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Data bisa berasal dari sistem CRM, situs web, aplikasi seluler, dan sistem otomatisasi pemasaran lainnya. Jenis data-data yang dikumpulkan meliputi:

  • Halaman yang sering dikunjungi

Para pebisnis bisa memantau apakah calon konsumen mengunjungi halaman sekali, berulang kali, atau secara teratur.

  • Waktu melihat situs web

Memantau jumlah waktu yang calon konsumen habiskan di situs web akan bisa dimanfaatkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang minat mereka pada produk atau layanan tertentu.

  • Iklan atau tautan yang diklik

Pengiklan bisa memantau iklan atau tautan yang diklik para pengunjung.

  • Interaksi elemen situs web

Pebisnis online bisa mempelajari elemen situs web yang paling banyak menarik interaksi para pengguna.

  • Kemajuan transaksi

Para pebisnis online bisa melihat kapan pengguna telah menempatkan item di keranjang belanja mereka sehingga bisa mengetahui kapan pengguna tidak menyelesaikan proses pembayaran.

  • Pembelian

Behavioral targeting memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pembeli dengan iklan produk yang diminati konsumen untuk dibeli.

  • Jumlah waktu antara kunjungan

Pebisnis online bisa melacak jumlah waktu antara kunjungan ke situsnya.

  1. Pengunjung dibagi menjadi beberapa segmen

Selanjutnya dalam proses penargetan perilaku yaitu segmentasi. Pebisnis online bisa membagi konsumen menjadi segmen yang berbeda berdasarkan perilaku pembeliannya.

  1. Menerapkan data

Langkah terakhir dalam proses penargetan perilaku yaitu pebisnis online dapat merancang kampanye unik berdasarkan segmen yang mereka buat. Hal ini memungkinkan untuk mereka merancang kampanye dengan pemasaran yang sangat relevan bagi para pengguna yang mereka targetkan. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan keterlibatan para pengguna, dan akhirnya konversi penjualan.

Nah, itulah penjelasan mengenai behavioral targeting dengan manfaat dan cara kerjanya. Mendapatkan calon konsumen yang tepat dalam proses pemasaran online merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, behavioral targeting merupakan teknik yang harus dilakukan, terutama saat melakukan pemasaran digital.

Jika kamu memiliki bisnis online dan ingin melakukan pemasaran digital, segera serahkan kepada yang ahlinya. Dibilabs menjadi salah satu Digital Marketing Agency yang ahli dan berpengalaman menangani berbagai jenis pemasaran digital, seperti melakukan behavioral targeting.

Kami senantiasa akan membantu untuk melakukan pemasaran digital secara efektif dan menghasilkan konversi yang kamu inginkan. Yuk segera hubungi Dibilabs untuk informasi lebih lanjut!

Baca Juga : Performance Max 101: Fitur Google Ads Terbaru Yang Perlu Kamu Ketahui

× Hubungi Kami