Skip links
direct mail marketing

Apa Itu Direct Mail Marketing, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Direct Mail Marketing – Saat ini kebanyakan masyarakat sangat bergantung kepada kecanggihan teknologi informasi untuk mendapatkan kabar terkini. Dengan canggihnya teknologi informasi ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, sehingga dalam menjalankan pemasarannya mereka melakukan strategi digital marketing.

Salah satu strategi digital marketing yang bisa digunakan para pebisnis yaitu dengan menjalankan direct mail marketing. Jenis strategi marketing ini bertujuan untuk membangun hubungan dengan para pelanggannya agar lebih baik dengan cara mengirimkan email yang lebih dipersonalisasi. Pengiriman email ini dilakukan ke calon konsumen maupun pelanggan.

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian dari direct email marketing, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara membuatnya sehingga bisa melakukan pembelian. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Apa Itu Direct Mail Marketing?

Direct mail marketing atau pemasaran langsung merupakan sebuah strategi ketika bisnis mengirimkan materi promosi melalui layanan pos atau kurir lain ke rumah atau kantor calon konsumen atau pelanggan. Biasanya para pebisnis memiliki daftar calon konsumen yang memenuhi demografi basis klien mereka.

Adapun beberapa contoh materi yang biasa dikirim dalam kampanye pemasaran langsung diantaranya berupa brosur, katalog, pamflet, surat, kupon, paket, kartu pos, dan sebagainya.

Sederhananya, direct mail marketing menjadi sebuah cara untuk mencapai pelanggan potensial atau yang sudah ada dengan mengirimkan informasi dan penawaran langsung ke alamat mereka. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, kamu harus memahami target audiens dengan baik, merancang pesan dengan menarik, serta mengukur kinerja campaign secara cermat.

Manfaat Direct Mail Marketing

Salah satu strategi marketing ini memiliki sejumlah manfaat yang akan sangat menguntungkan bisnismu. Berikut ini beberapa manfaat utamanya, antara lain:

Personalisasi Pesan

Direct mail marketing memungkinkan kamu untuk menciptakan pesan yang sangat personal dan disesuaikan dengan setiap target audiens. Dengan memahami perilaku audiens, preferensi, dan kebutuhannya, kamu bisa mengirim pesan yang lebih relevan sehingga dapat meningkatkan respon positif.

Targeting Tepat

Adanya bantuan data dan analisis yang cermat akan membantu kamu dalam mengidentifikasi target audiens yang paling cocok dengan produk atau layanan. 

Tangibility

Surat atau selebaran yang diterima oleh para konsumen biasanya bersifat fisik. Hal ini memberikan kesan lebih nyata dan bisa meningkatkan daya ingat para konsumen. Penerima surat atau selebaran tersebut akan menyimpan materi promosi untuk referensi di masa depan.

Keterlibatan

Direct mail marketing bisa memberikan peluan interaksi yang lebih tinggi antara pebisnis dengan konsumen. Para konsumen bisa merespons langsung dengan mengunjungi toko fisik, situs web, atau menghubungi bisnismu.

Pengukuran Kinerja

Pebisnis akan lebih mudah untuk mengukur efektivitas dari kampanye direct mail marketing dengan cara melacak respon yang mereka terima dari calon konsumen. Efektivitas ini termasuk tingkat respons, tingkat konversi, dan ROI (Return on Investment).

Pilihan Kreatif

Direct mail marketing akan memungkinkan untuk kamu bisa berkreasi dengan berbagai format, termasuk brosur, katalog, kartu pos, sampel produk, dan sebagainya. 

Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen

Jika kampanye ini bisa dijalankan dengan baik, maka peluang kamu untuk memperkuat hubungan dengan para pelanggan yang sudah ada dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan akan terbuka lebar. Dengan menyediakan informasi yang berguna dan relevan, kamu bisa meningkatkan kepuasan dari konsumen.

Keberlanjutan

Direct mail marketing tidak terbatas untuk model bisnis tertentu, bisa digunakan oleh bisnis kecil, usaha menengah, hingga perusahaan besar. Namun dalam menjalankan direct mail marketing, penting untuk memahami target audiens, merancang pesan yang efektif, dan mengukur hasil campaign dengan cermat.

Cara Membuat Direct Mail Marketing 

Ada beberapa langkah untuk membuat kampanye surat langsung yang sukses. Berikut dibawah ini langkah-langkahnya:

  1. Tentukan Sasaran Audiens

Pertama, kamu bisa mencari tahu siapa yang kamu inginkan untuk menerima surat dari bisnismu. Temukan demografi para konsumen termasuk lokasi, usia, tingkat pendapatan, dan sebagainya. 

Kamu juga harus mempertimbangkan untuk menjangkau konsumen baru atau konsumen yang sudah ada. Semua elemen ini akan sangat mempengaruhi cara kamu mengembangkan campaign yang diinginkan.

  1. Mengembangkan Mailing List

Setelah mengetahui siapa saja yang ingin dijangkau, kamu bisa mulai membangun mailing list. Jika kamu mencoba menjangkau pelanggan yang sudah ada, maka kamu bisa menggunakan alamat email mereka yang sudah kamu miliki. 

Namun jika ingin menjangkau audiens baru, maka kamu harus mengumpulkan data-data mereka yang baru saja berlangganan newsletters bisnis kamu atau dari marketing campaign yang pernah dijalankan.

  1. Mempersonalisasikan Konten

Semua audiens ingin dianggap istimewa oleh bisnis kamu. Maka dari itu, kamu harus melakukan pendekatan individu dengan mengirimkan direct email marketing yang bisa menciptakan perasaan bangga bagi calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada.

  1. Menjaga Data agar Tetap Fresh

Cara terbaik untuk menempatkan peluang yang menguntungkan yaitu dengan menjaga database agar tetap relevan dan selalu update. Data yang akurat bisa membantu untuk mengidentifikasi target audiens dan minat mereka dengan benar. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan baik.

  1. Membuat Call-to-Action (CTA) yang Menarik

Pastikan membuat Call-to-Action (CTA) yang menarik agar calon pelanggan maupun pelanggan bisa menghubungi bisnis kamu atau mendorong mereka untuk mengambil sebuah tindakan.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian direct mail marketing beserta manfaatnya dan cara membuatnya. Jika kamu seorang pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan, maka direct mail marketing menjadi strategi yang tepat untuk bisnis kamu.

Dibilabs menjadi salah satu Digital Marketing Agency di Indonesia yang telah berpengalaman dan dapat membantu bisnis kamu untuk menjalankan direct mail marketing dengan efektif. 

Kami selalu menggunakan data yang akurat dalam menargetkan direct mail marketing sehingga bisa meningkatkan peluang bisnis untuk menjangkau target audiens yang tepat. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa dari Dibilabs, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Dibilabs akan selalu membantu untuk mencapai target bisnis-mu!

× Hubungi Kami