Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula e-commerce yang bermunculan. Bahkan sosial media pun sudah bisa dijadikan tempat jual beli tanpa harus berpindah aplikasi.
Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan dan memasarkan produkmu adalah TikTok Shop. Dengan jumlah pengguna TikTok sebanyak 106,51 juta,
Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak ke-2 di dunia (databoks). Ini artinya kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk mempromosikan bisnismu. Tidak heran, ya, kalau banyak sekali produk viral yang berasal dari TikTok.
Kalau kamu juga tertarik untuk berjualan di TikTok Shop maka kamu perlu mengikuti tips-tips berikut ini agar cepat cuan! Yuk, baca artikelnya sampai habis, ya!
Apa Itu TikTok Shop?
Sebelum kamu mulai berjualan di TikTok, sebaiknya kamu memahami apa itu TikTok Shop dan cara kerjanya terlebih dahulu.
TikTok Shop adalah fitur untuk berbelanja yang bisa diakses langsung pada aplikasi TikTok. Dengan fitur ini, bisnis dan kreator bisa mempromosikan dan menjual produk mereka secara langsung hanya dalam satu aplikasi. Fitur ini lahir berkat penjualan online yang terus meningkat berkat promosi yang dilakukan oleh kreator di TikTok.
Kamu bisa berjualan di TikTok melalui video pada feeds, LIVE TikTok, maupun product showcase. Dengan bentuk kantong belanja pada halaman profil TikTok kamu, product showcase ini bisa memudahkan pelanggan dalam berbelanja langsung dari akunmu.
Cara Daftar TikTok Shop
Kalau kamu sudah tidak sabar ingin segera berjualan di TikTok Shop, maka kamu wajib baca cara mendaftarnya. Namun, sebelum mendaftarkan bisnismu, coba siapkan dulu beberapa hal berikut ini sebagai syarat agar kamu bisa berjualan dengan lancar.
Sebelum mendaftar TikTok Shop, pastikan kamu sudah memiliki nama untuk tokomu. Nama ini akan menjadi identitas utama dari tokomu. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan alamat lengkap dan rekening bank yang masih berlaku.
Setelah memenuhi syarat mendaftar TikTok Shop, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar TikTok Shop:
- Pastikan akun TikTok kamu merupakan akun bisnis.
- Sign up TikTok Shop menggunakan akun TikTok bisnis dengan cara klik pop up bertulisan “become seller”.
- Isi informasi pribadi yang diperlukan seperti email, nomor telepon, dan data lainnya.
- Isi profil seller TikTok Shop sesuai dengan tokomu seperti nama toko dan jenis usaha yang kamu jalani.
- Klik lanjutkan, setelah dikonfirmasi, kamu bisa mulai berjualan di TikTok Shop Seller Center.
Tips Berjualan di TikTok Shop Untuk Pemula
Baik penjual lama maupun baru, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar tokomu menjadi lebih ramai pelanggan.
1. Pahami Cara Kerja TikTok
TikTok merupakan salah satu platform yang berfokus pada sharing konten video pendek. Kamu hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian audiens yang menonton kontenmu.
Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan audio yang sedang trending untuk mempromosikan bisnismu. Kamu bisa coba membuat video produk menggunakan latar musik yang sedang trending untuk menarik audiens. Kamu juga perlu membuat judul yang menarik agar audiens tidak melewati kontenmu sebelum habis.
2. Buat Konten yang Menarik
Kamu perlu mencari ide konten video yang menarik sebagai strategi marketing TikTok. Kamu bisa mencari ide atau inspirasi dari content creator lain. Atau kamu bisa juga mengikuti trend yang sedang berkembang di TikTok.
3. Gunakan Hashtag
Agar video kamu muncul di for you page (FYP), kamu perlu memakai hashtag di setiap video yang kamu buat. Hashtag bisa membantu algoritma TikTok untuk mengerti tentang video yang kamu buat, untuk kemudian direkomendasikan ke pengguna lain.
4. Konsisten Dalam Posting
Konsisten dalam posting konten merupakan salah satu kunci dari kesuksesan di TikTok. Algoritma TikTok lebih menyukai akun yang konsisten dalam posting. Semakin sering dan konsisten kamu dalam posting, maka algoritma TikTok akan semakin merekomendasikan akunmu ke pengguna lain.
Dengan begitu, visibilitas akunmu akan semakin meningkat, dan akan menambah engagement dan bahkan followers.
5. Gunakan TikTok Ads
Strategi marketing TikTok yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual online adalah TikTok ads atau iklan. Dengan iklan, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi.
TikTok ads menawarkan 4 jenis iklan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya:
- InFeed Ads : Iklan akan muncul ketika pengguna scroll feed
- Promotes Hashtag Challenge : sebuah iklan yang mengajak penggunanya memakai hashtag challenge
- Branded Filter : Efek khusus yang berisi informasi produk
- Brand Takeover : Iklan eksklusif berupa image, gif, sampai video yang akan muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi.
Untuk bisnis kecil yang baru mulai, jenis ads InFeed Ads adalah yang paling menguntungkan untuk beberapa alasan seperti:
- Budget untuk memasang iklan relatif kecil
- Iklan muncul di feed pengguna TikTok
- Terdapat pilihan penargetan minat dan perilaku audiens berdasarkan perilaku mereka selama 7-15 hari terakhir
Sekian tips-tips yang bisa kamu terapkan agar tokomu cuan lebih cepat. Tentunya ada banyak faktor di balik kesuksesan sebuah bisnis, namun beberapa tips di atas patut dicoba jika ingin bisnis di TikTok semakin maju.
Kalau kamu mau mempromosikan bisnis kamu di TikTok atau sosial media lain tapi merasa kesulitan untuk membuat konten yang menarik, yuk hubungi digital marketing agency Dibilabs sekarang! Dengan tim social media manager yang kreatif dan berpengalaman, kami siap membantu kamu meraih sukses.
Segera konsultasikan kebutuhan bisnismu sekarang GRATIS dan bergabung dengan 50 lebih bisnis lain yang sudah terbantu sejak menggunakan jasa digital marketing Dibilabs!
Baca Juga :